26 Maret 2014

Mengapa kertas tidak mau keluar ketika proses print berjalan?

Ada banyak hal yang membuat kertas tidak bisa keluar. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Tutup printer terbuka sehingga keluar peringatan agar printer ditutup.
  2. Tinta pada printer baru diisi atau tinta pada infus yang baru mengalir yang telah saya bahas disini.
Tapi pembahasan kita tidak terletak disana, dalam kata lain, tutup printer tertutup dengan baik dan tinta terisi tanpa ada peringatan low ink. Masalah sebenarnya adalah roller pada printer tidak bekerja dengan baik dikarenakan tersumbat dengan sesuatu diantara roller tersebut. ini biasanya terjadi karena proses print sebelumnya yang kurang baik, sehingga ada robekan kertas yang tersumbat didalam printer.

Cara mengatasinya.

Perhatikan! Saya tidak bercanda, ini terjadi pada printer saya sendiri, yaitu printer canon MP 237. ditempat Saya menaruh kertas, ternyata ada pena sehingga roller tidak bisa menarik kertas tersebut. Tapi jika tidak ada pena ataupun pensil didalam perinter. Ikuti tips dibawah.


Pernah terjadi pada Saya ketika Saya mencetak dokumen office word. Kertas tidak keluar dan malah berhenti ditengah-tengah. Saya mencoba menarik kertas dari atas, lalu saya coba berulang kali dan kertas tetap berhenti di tengah proses print.


Kertas tidak bisa keluar pada printer


Menarik kertas dari atas, justru tidak membuat robekan kertas atau sesuatu yang menghalangi roller pada printer keluar. Setelah berulangkali mencoba. Akhirnya saya mencoba menarik kertas dari bawah printer ketika proses print berhenti mendadak.


Kertas tiba-tiba tidak bisa keluar waktu proses print


Tidak ada yang saya rekayasa, setelah menarik kertas dari bawah, keluar kumpulan rambut dan sebuah karet diantara roller printer, Saya langsung menarik benda tersebut, lalu saya coba ulangi print. Dan proses print berjalan lancar seperti biasanya. Mungkin kasus yang anda temui tidak sama dengan apa yang saya alami, tapi saya yakin sekali, jika kertas tidak bisa keluar tanpa peringatan low ink. Ini biasanya kesalahan pada perangkat kerasnya, bukan sistem. Semoga bermanfaat.

Mungkin anda ingin membaca artikel dibawah :
  1. Mengapa hasil print tidak sesuai dengan tampilan pada MS. office word
  2. Mengapa kertas keluar lebih dari satu waktu proses print
  3. Bagaimana cara reset low ink printer canon pixma MP 237
  4. Cara reset low ink printer canon MX 397
7 komentar :
  1. ini yang sering saya alami sob, sampai kadang berantakan kertasnya terlipat-lipat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja tarik kertasnya dari bawah sob, mungkin kasus kita sama.

      Hapus
  2. kalau kertasnya belum kelur sedikitpun, caranya gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung mas, kertasnya sudah ditarik roller/berjalan atau memang tidak bergerak sama sekali

      Hapus
  3. Hatur nuhun sarannya😃😀

    BalasHapus
  4. Kertasnya nyangkut mas bgmna cara keluarannya mas

    BalasHapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser