11 April 2014

Membuat header pada kolom MS. Office Excel tidak bergerak ketika di-scroll

Freeze panes adalah solusi untuk membekukan header pada MS. office excel agar tidak bergerak ketika di-scroll. Fungsi ini sangat berguna untuk tabel yang mempunyai ratusan baris, karena ketika di-scroll kebawah kita terkadang lupa, kolom yang kita lihat pada tabel adalah bagian dari dari judul header yang mana. Namun dengan membekukan bagian header, kita bisa melihat judul pada tabel tersebut agar tidak kebingungan. Lihat gambar dibawah.

Kolom header pada office excel tidak bergerak


Gambar diatas menampilkan baris 25-30, tapi header tetap pada posisinya. Sekarang cara pembuatan. Saya anggap sudah ada tabel yang dibuat dengan menebalkan border. Lalu pilih baris yang ingin dibekukan, jika header pada baris 3, maka klik baris 4 untuk membekukannya. Lihat gambar dibawah.

Klik kolom yang ingin di freeze


Saya klik baris 4 pada excel untuk membekukan baris 3.
Ini juga berlaku untuk membekukan kolom, jika ingin membekukan kolom F, anda harus klik kolom G. Setelah kolom/baris diklik. pilih tab view dan klik freeze. lihat contoh dibawah.

Pengaturan freeze sheet panes dan freeze first column


Setelah baris atau kolom sudah diklik, pilih tab view dan klik freeze panes, lalu pilih bagian freeze panes.
Ket :
Bagian atas | Freeze Panes untuk membekukan kolom atau baris yang anda tentukan.
Bagian tengah | Freeze Top Row untuk membekukan baris paling atas secara otomatis.
Bagain bawah | Freeze First Column untuk membekukan kolom pertama atau kolom paling kiri.

Untuk membatalkan freeze yang telah dibuat, anda cukup kembali ke tab view dan memilih bagian paling atas yang secara otomatis berubah nama menjadi Unfreeze Panes. Lihat gambar dibawah.

Cara unfreeze panes pada office excel


Freeze Panes akan otomatis berubah menjadi Unfreeze Panes ketika telah diaktifkan. Semoga bermanfaat.

Mungkin anda ingin membaca artikel dibawah :
  1. Mengapa hasil print pada kertas tidak sesuai dengan tampilan pada MS. office word
  2. Cara membuat scrollbar pada excel untuk menghitung nilai
  3. Menghitung nilai dari sheet lain pada MS. office excel
  4. Mengapa hasil print MS. office excel mengecil
  5. Menampilkan peringatan warna pada cell MS. office excel
5 komentar :
  1. ternyata mudah sekali ya mas, izin menyimak mas, sapa tau nanti berguna di pelajaran TIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, silahkan disimak.. siapa tau nanti berguna.

      Hapus
  2. Terima kasih banyak mas,keep bagi bagi ya ilmu mas :)

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak mas,, sangat bermanfaat bagi saya :)
    maju terus blognya :)

    BalasHapus
  4. Manjur banget buat otodidak seperti saya :)

    BalasHapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser