14 Mei 2014

Hati-hati menggunakan UNDO ketika menulis di blog

Ini mungkin terdengar aneh bahkan sangat sepele, tapi penggunaan fungsi Ctrl+Z (UNDO) ketika menulis di text editor pada akun blogger adalah suatu hal yang harus di perhatikan betul. Saya mengalami dua kali kejadian yang sama, yaitu menggunakan undo untuk mengembalikan isi artikel pada bentuk semulanya, namun apa yang saya inginkan tidak terealisasikan. Semua ide yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan tiba-tiba menghilang, dan parahnya lagi. Fungsi redo tidak bekerja sama sekali.

Setelah kejadian tersebut, tidak ada pilihan lagi selain menutup halaman text editor, lalu ketika Saya membuka kembali link artikel, yang tampil justru text editor kosong tanpa satu katapun disana, kecuali judul artikel dan label yang sudah dipilih.

Ketika kita menulis dan berhenti sejenak, tombol simpan akan otomatis menyimpan perubahan yang ada, dan itu akan bekerja terus-menerus selagi text editor belum Kita tutup. Saya juga tidak tahu penyebab utama redo tidak bekerja. Koneksi internet yang lambat mungkin dialah dalangnya. Ini hanya analisa dari Saya, alasannya karena hal ini belum pernah saya alami di warnet yang mempunyai kecepatan yang stabil, namun dengan modem yang mempunyai quota terbatas, kejadian ini saya alami dua kali.

Saya hanya bisa menyarankan untuk meng-copy seluruh tulisan anda kedalam notepad jika apa yang anda tulis sangatlah banyak, dan jangan lupa sebelum melakukan penyalinan, pilih dahulu tombol HTML disebelah Compose, agar seluruh data yang tidak berbentuk tulisan seperti gambar dan tabel akan ikut tersalin.


Bagaimana jika tulisan sudah terlanjur hilang pada text editor

Jika ini yang terjadi, maka jangan tutup halaman tersebut, buka kembali alamat draft.blogger.com/home pada tab yang berbeda, lalu masuk kedalam pos dan pilih artikel yang terhapus tadi. setelah terbuka pilih tombol html lalu copy semua data yang masih tersimpan ke dalam text editor yang menghilang tadi. Berdasarkan apa yang saya alami, cara ini terbukti efektif.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser