8 Juli 2014

Ketika artikel populer pengamat SEO, bukan ilmu SEO

Kebingungan mau nulis apa di bulan puasa ini, akhirnya Saya mengamati sesuatu yang tanpa sengaja teramati "haha". Dalam pengamatan tersebut; Saya menelurusi beberapa blog yang membahas tentang SEO. Tidak sedikit artikel SEO yang mereka tulis, namun Saya melihat sesuatu yang menarik pada bagian sidebar blog tersebut. Gadget popular post yang menampilkan artikel yang paling banyak dikunjungi, justru tidak mengarah pada hal-hal yang berbau SEO. Apakah mereka paham tentang SEO? Iya (bahkan sangat paham). Mengapa?


Perbincangan singkat Saya di dalam sebuah warnet di pertengahan tahun 2009 atau Awal 2010(Saya lupa)
Namun; waktu itu Saya masih kuliah, maka tidak mungkin terjadi di pertengahan 2011(LULUS "Hore"). sedangkan tahun 2008, Saya belum punya facebook (-__-). Berikut kondisi serta percakapannya.

Waktu itu lagi gila-gilanya game online facebook. Sambil main game, sambil browsing cara ngubah template blog. Tahun itu, Isnainidotcom adalah salah satu situs pedoman saya, ada blog beliau yang menyediakan template secara gratis dikunjungi oleh banyak blogger luar. Tiba-tiba ada perempuan disamping Saya manggil. "Kak", Saya jawab "kenapa?" SEO
Mereka dua orang, lalu yang satunya nanya ke Saya, "Gimana cara buka facebook...?, kok nggak bisa" sambil nunjuk ke arah monitor...? SEO
Saya langsung lirik monitor-nya. Serius "tidak ada yang Saya rekayasa". Didalam address bar mozilla firefox, mereka tulis FB (tanpa dotcom), dengan percaya diri , mereka hantam aja ENTER tanpa memikirkan perasaan si-firefox. Saya bilang salah, lalu Saya arahkan ke alamat yang benar. SEO
tik..tok...tik..tok. beberapa menit berselang, dia manggil lagi, kak "gimana cara masuknya..................?" SEO
Masukan email dan password didalam textbox putih (sambil menunjuk ke layar monitor mereka), trus klik login. sudah pernah buka kan (sok akrab)...? SEO
Belum pernah...? SEO
OOOOOOH... daftar dulu, sudah punya email...? trus bla bla bla, panjang penjelasannya. Intinya mereka belum daftar facebook dan belum punya email  SEO

Tidak ada rekayasa didalam inti perbincangan diatas, namun kalimat aslinya tentu Saya sudah lupa.

Mengingat obrolan singkat tersebut, Saya hanya bisa menyesal sambil berbicara dalam hati "Coba waktu itu Saya buat artikel tentang cara buat facebook, cara buat blog dan cara buat email" wkwkwkwkwk. Pasti pengunjung blog ini mencapai 4 digit setiap harinya , tapi ya sudahlah (Kemarin adalah sejarah, esok adalah misteri, hari ini adalah anugrah).

Saya menyadari jika Saya tidak begitu paham mengenai masalah ini, namun Saya melihat sebuah peluang yang besar ketika melakukan reset kata kunci melalui lapangan secara langsung, ketika mengoptimasi seo sebuah web/blog, maka akar-akar nya harus di optimasi, termasuk pemilihan konten, ini bukan hanya mengenai permainan heading tag yang sampai detk ini masih membingungkan bagi Saya, ini juga bukan mengenai meta content dan sahabat-sahabat nya, ini lebih penting lagi sob, ini masalah kebutuhan; Sebuah kebutuhan yang benar-benar dicari oleh banyak orang dalam waktu yang cukup lama, dan mereka (pakar SEO) telah memahami ini jauh sebelum kita tergila-gila oleh artikel seo mereka.

Mereka benar-benar mamahami kebutuhan masyarakat indonesia, sebuah informasi yang benar-benar dibutuhkan walaupun setiap harinya ada ratusan orang yang telah mengetahui informasi tersebut. Contohnya saja; cara membuat dan mendaftar email; Saya yakin bukan hanya Saya, tapi kalian pasti pernah juga tidak berpikir bahwa tutorial untuk mendaftar email adalah tutorial yang untuk apa di tulis ketika kita telah mendaftar di blogger menggunakan email, padahal ada ratusan bahkan ribuan manusia yang belum mempunyai email, dan setiap harinya ada manusia-manusia baru yang beranjak dewasa dan mulai tertarik dengan sosial media; lalu mereka mencari-cari cara untuk membuatnya, dan menariknya; mereka akan membutuhkan email sebelum bisa mendaftar.

Pernah saya menulis tutorial untuk membuka akun gmail secara offline, ironinya; artikel tersebut di kunjungi setelah seseorang mengetik kata kunci "cara mengambil file yang di kirim di email", Saya langsung menggeleng-gelengkan kepala dan langsung menulis artikel untuk men-download data yang telah dikirim di email, sebelum ada makhluk serupa yang terdampar pada halaman yang salah "hahahah".

Sekali lagi, mereka benar-benar memahami kebutuhan tersebut sebelum kita mulai sedikit memahaminya. Kesalahan Saya atau mungkin juga Anda adalah; kita menjadikan diri kita sendiri sebagai paramater (bukan sok pinter) justru Saya merasa bodoh dalam waktu yang cukup lama, padahal jika kita melihat ke luar sana, maka kita bisa menulis banyak tutorial yang bagi seorang blogger biasa saja, namun bagi banyak orang adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan. Ada sebuah quote tentang SEO yang mungkin tepat untuk menyikapi masalah diatas yaitu; "semakin sederhana sebuah pembahasan, maka bisa jadi semakin banyak dibutuhkan oleh banyak orang" hahahaha, sudah aah, capek. Semoga bermanfaat.
8 komentar :
  1. Mngkin masalah seo tdak terlalu mnarik Sob unt pembaca, kta tau klo seo itu susah dan sulit untk dipelajari... penuh misteri katanya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, betul sob, sepertinya mendaftar dan menggunakan sosial media lebih mudah dan lebih menyenangkan..

      Hapus
  2. setuju banget mas, bahwa seo bukanlah satu-satunya jalan untuk sebuah website banyak dikunjungi, tapi kebutuhan akan jawaban dari mereka yang sedang mereka cari merupakan yang inti dari sebuah blog.

    pernah saya membaca ebook tentang niche adsense, bahwa pada tahap awal, mereka tidak perduli dengan yang namanya seo, yang penting mereka (para pemilik web adsense) konsen menulis artikel niche yang sangat bermanfaar dan mereka menyajikan jawaban yang bagus melalui artikel tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas, yang penting apa yang kita tulis bisa mendapatkan manfaat bagi pengunjung dan berhasil ketika mereka mengimplementasikan-nya.

      Hapus
  3. Saya juga tidak begitu menerapkan SEO pada blog saya. Bingung mas bikin otak ngebul hehehe.

    BalasHapus
  4. haha jadi nostalgia yah gan, masih belajar tentang seo saya gan
    mkasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Iya ni gan, pengen banget belajar seo, terutama cara mendapatkan backlink, sudah coba sih komentar di blog2 lain, tapi gak jadi backlink, hahaha. Bingung

      Hapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser