22 Agustus 2014

Masalah tanda koma, border, number formats pada office excel

Ketika menggunakan aplikasi office excel, Banyak sekali masalah-masalah yang terjadi, terutama pada perubahan nilai, tanda koma (,) dan tanda titik (.), serta hasil perhitungan yang berbeda ketika mengganti format cell pada bagian number formats. Masalah sederhana, namun cukup banyak meneteskan keringat ketika informasi ini Anda butuhkan disaat Anda tidak bisa bertanya kepada siapa pun; saat itu..................... semua pesaing terdiam dan fokus dengan apa yang mereka kerjakan.

Dari sebuah tes tertulis dan praktek office excel pada salah satu perusahaan beberapa hari yang lalu, beberapa orang termasuk Saya menggaruk kepala dan mengkerutkan bagian atas wajah, sesekali kami terdiam sambil menghela nafas "huuft" lalu melanjutkan tugas excel yang telah diberi oleh panitia. Ada yang mencoba beberapa cara namun gagal, dan ada pula yang sekali mencoba langsung berhasil, namun lucunya; hal-hal yang menghabiskan waktu itu terletak pada bagian yang sederhana (seperti number formats dan penggunaan border). Dari pengalaman inilah Saya merasa artikel ini sangat diperlukan agar kalian tidak kebingungan lagi dalam pengolahan data sederhana mengunakan aplikasi excel.

Masalah sepele pada office excel yang menyulitkan pada momen tertentu

Mengapa ketika menggunakan tanda koma (,). Nilai pada cell otomatis dibulatkan

Jawabannya sederhana, ketika mengetikan sebuah angka pada cell excel, terkadang number format otomatis mengubah tipe-nya tanpa kita sadari dari general menjadi number. Pada saat cell mempunyai tipe number; maka ketika Anda mengetik nilai dengan tanda koma seperti 1,6; nilai pada cell akan membulatkan bilangan secara otomatis menjadi 2 atau 0,5 menjadi 1 dan 0,4 menjadi 0. Dua kolom pada gambar dibawah mempunyai nilai yang sasa, namun kolom kiri dengan format general dan kolom kanan ber-format number.

mengapa tanda koma pada excel, nilai otomatis dibulatkan

Mengapa Hasil perhitungan excel menjadi #VALUE!

Jila nilai pada cell terlalu panjang dan tidak bisa ditampung, maka akan tampil tanda #######. Itu hal biasa, namun jika ada kesalahan pada perhitungan, maka yang tertulis pada cell adalah #VALUE!; ini juga biasa; lalu mengapa hal diatas terjadi. Jawabannya adalah karena Anda menggunakan tanda titik (.) pada nilai secara manual; ini tidak boleh. Anda harus menggunakan tanda koma (,) bukan titik; atau jika nilai terlalu panjang seperti nilai mata uang, maka gunakan currency dan accounting yang secara otomatis akan menambahkan tanda titik dan Rp secara otomatis.
mengapa hasil perhitungan excel menjadi #value!

Cara membuat tanda per (/) berfungsi pada excel (Rahasia Fraction)

Jika Anda ingin menggunkan per (/) seperti 1/7, 1/4, 3/4 atau 1/2 agar dapat bekerja pada excel, maka Anda harus mengubah number formats menjadi fraction, ingat: ubah dulu cell menjadi fraction baru mengisi nilai seperti 7/5 dsb. Seperti contoh dibawah Saya menginput 1/4 atau 0,25 lalu dikali 2 menjadi 0,5 atau 1/2. dibagian bawah juga saya menginput 0,75 di kali 2 dengan hasil 1 1/2 atau 1,5.

cara menggunakan per pada excel seperti 1/2

Maksud dan cara perhitungan scientific pada excel

Pada bagian number formats tersedia pilihan scientific, coba Anda klik cell pada excel lalu pilih scientific.

cara perhitungan scientific pada excel

Jika Anda telah mengubahnya, lalu isi nilai 2, maka hasil-nya adalah 2,E+00, atau jika Anda mengisi nilai 134, maka akan tertulis 1,E+02. Maksudnya adalah setelah nilai 1; ada 2 digit angka lagi yang memang tidak ditampilkan. Jika Anda menisi nilai cell menjadi 4444; maka akan tertulis 4,E+03; artinya setelah angka 4 ada 3 digit nilai lagi.

Tapi jika Anda mengisi nilai 12,3, maka akan tertulis 1,E+01 yang artinya ada 1 digit nilai lagi setelah angka 1, karene angka dibelakang koma tidak akan dihitung. Nilai pada masing-masing baris pada kolom pertama dan kedua mempunyai angka yang sama, lalu ditambahkan dan pada kolom ketiga adalah hasil penambahannya.

bagaimana cara perhitungan scientific pada excel

Cara membuat dan mengubah style border excel pada bagian tertentu

Ketika ingin membuat border tabel pada excel, mungkin Anda menginginkan style border yang berbeda pada bagian tertentu. Caranya sangat mudah. Pertama klik logo border pada tab home, lalu pilih line style; pilih dan klik style yang Anda inginkan. Lalu draw border akan aktif, cursor mouse-pun akan berubah menjadi icon pensil; klik garis tabel yang ingin diubah/ditambah style border yang berbeda.

cara mengubah style border pada office excel

Setelah selesai; klik lagi logo border, lalu klik Draw Border untuk meng-nonaktifkan drawing yang telah Anda aktifkan sebelumnya.

cara mengubah style border tertentu pada office excel


Itulah 5 hal sederhana yang cukup penting dan berguna ketika menggunakan aplikasi office excel, semoga hal-hal sepele ini tidak akan menjadi masalah yang rumit lagi dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda ingin membaca artikel dibawah :
  1. Menambahkan rumus baru pada kondisi IF office excel
  2. Membuat dropdownlist pada cell MS. office excel
  3. Mengubah nilai cell menggunakan scroll-bar office excel
  4. Mengubah nilai cell menggunakan button pada office excel
2 komentar :
  1. bner juga kadang-kadang koma ama titik suka ketuker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama nggak bersua stlah lebaran mas bro, hehe. Betul sekali, setiap karakter pada excel punya fungsi yang berbeda. Jadi harus hati-hati menggunakannya.

      Hapus

Jika ada artikel yang tidak Anda mengerti, maka gunakan fasilitas kotak komentar ini atau pada halaman kontak untuk menanyakannya.

Best Regard


Decky canser